16 April 2012

Layanan E-mail



Layanan E-mail terbagi menjadi dua macam sistem :

1.      POP  (Post Office Protocol) E-mail. Sistem layanan ini mempunyai keunggulan dalam mengirim dan menerima (transfer) sebuah surat, seperti namanya (Post Office Protocol).Sistem E-mail ini mengendalikan ISP (Internet Service Provider) sebagai kantor pos yang menampung semua surat-surat yang akan dikirim pelanggannya sebelum diteruskan kealamat yang akan dituju.Dengan metode ini maka, pelanggan akan diuntungkan karena surat akan cepat ditransfer secara lokal ke ISP sehingga banyak menggurangi waktu online.Namun system ini juga mempunyai beberapa kelemahan.

2.      Web Bassed E-mail (Layanan E-mail yang pengaksesannya melalui web site)
Sistem layanan ini sangat mengutamakan kemudahan akses kedalam Mail Box(kotak surat,wujud dari keikutsertakan dalam layanan E-mail)dengan menggunakan World wide web sebagai media untuk masuk kedalam mailbox tanpa memperdulikan pelanggannya berasal dari ISP tertentu,sehingga menjadi suatu keunggulan dalam system ini.Selain keunggulan diatas masih ada keunggulan yang lain yaitu tanpa membutuhkan program khusus E-mail seperti, Microsoft Outlook,Eudora,dll. Kelemahan dalam system ini adalah dalam hal kecapatan transfer (kirim dan terima)surat sangat bergantung dari Bandwith (Lebar pita,diartikan sebagai kecepatan transfer data)dari sebuah ISP kedalam World wide web,hal ini saat ini menjadi suatu kelemahan di Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment