06 May 2012

BUS


Data Bus :  Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.

Address Bus : Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus
biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.

Control Bus : Digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.

I/O Device


 I/O Device

Input-Output Device,  merupakan bagian yang berfungsi sebagai
penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya.
Dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu :

• Input Device (Piranti Masukan),  adalah piranti untuk menerima masukan dari luar. 
  Contoh : keyboard, mouse, touch screen, scanner, camera, modem, network card, dll.
• Output Device (Piranti Keluaran), adalah piranti untuk memberikan keluaran. 
  Contoh: Monitor, Printer,Speaker, Plotter, Modem, network card, dll

Input Devices

• Input devices gather and translate data into a form the computer understands.
• Input is all information put into a computer. Input can be supplied
   from a variety of sources:
– A person
– A storage device on computer
– Another computer
– A peripheral device
– Another piece of equipment, such as a musical instrument or thermometer

Output Device

•  Piranti Output yang sangat berpengaruh terhadap kinerja komputasi
   adalah Kartu Grafis atau VGA Card.
•  VGA (Video Graphics Adapter) memiliki fungsi utama mengubah
   output  data digital yang dihasilkan software menjadi data analog yang
    dapat ditampilkan monitor.
•  VGA Card saat ini memiliki prosesor pengolahan grafis tersendiri
    disebut GPU (Graphics Processing Unit).
•  Produsen utama Chipset atau GPU VGA Card saat ini adalah NVIDIA
    dan ATI-Radeon.
• VGA Card dipasang pada slot I/O untuk grafis (PCI, PCI-e,atau AGP) 
   yang tersedia pada motherboard.
•  VGA diukur berdasarkan kecepatan GPU dan besar memori VGA.

Output Devices


• Monitors are the most commonly used output device.
• Most monitors use a bitmap display.
– Allows user to resize the display.
– Divides the screen into a matrix of tiny square “dots”called pixels.
– The more “dots” a screen can display, the higher the resolution of the monitor.
• Monitors are connected to a computer system via a port integrated on the
   video adapter  or graphics card

Perangkat Komputer


Perangkat Komputer

Tersusun atas tiga perangkat utama :
1. Prosesor
2. Memori
3. Input-output

Prosesor
• Prosesor, merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang
  melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian
  operasi komputer secara keseluruhan.
• Prosesor terdiri atas dua bagian utama,yaitu ALU
   (Arithmetic Logical Unit) sebagai pusat pengolah data dan
   Control Unit sebagai pengontrol kerja komputer.

Memori

Memori, berdasarkan fungsinya dibagi
menjadi dua yaitu:
• Primary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data dan instruksi
 dari program yang sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM. 

Karakteristik dari memori primer adalah:
1.Volatil (informasi ada selama komputer bekerja atau hidup)
2.kecepatan tinggi
3.akses random (acak)

• Secondary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data atau program
  biner secara permanen. 

Karakteristik dari memori sekunder adalah:
1.non volatil atau persisten
2.kecepatan relatif rendah (dibandingkan memori primer)
3.akses random atau sekuensial

Contoh memori sekunder: floppy disk, harddisk, CD/DVD ROM, magnetic tape,
Flash Disk, dll.

Jenis Memori

•  ROM (Read Only Memory) hanya dapat dibaca ROM merupakan memori
permanen yang terdapat pada sistem komputer yang sudah disusun dan   dibuat
oleh pabrik dan biasanya tidak dapat dirubah oleh pengguna  komputer.
ROM berisi program pokok untuk konfigurasi sistem komputer, seperti BIOS,
BASIC dan BootStrap Loader. Sinyal didalam ROM ini yang mengatur segala
tugas CPU saat komputer mulai diaktifkan/dihidupkan.

• RAM (Random Access Memory) dapat dibaca dan ditulis Semua  data  yang
dimasukkan melalui alat input pada setiap aplikasi akan dimasukkan terlebih
dahulu ke dalam RAM. Data-data yang terdapat dalam RAM ini hanya
bersifat sementara, apabila komputer dimatikan maka data tersebut akan hilang.
Jenis RAM diantaranya adalah EDO RAM, SDRAM, DDRAM, RDRAM, dll.

Hard Disk

• Spesifikasi dibandingkan berdasarkan kapasitas gigabytes (GB atau billions of bytes)
  dan kecepatan  putaran cakram (rpm).
• Magnetic storage device.
• Umumnya dipasang permanen, tetapi ada juga yang ditempatkan dalam casing eksternal.
• Digunakan untuk menyimpan sistem operasi, software aplikasi, utility, dan data.
• Tipe dibedakan berdasarkan interface atau kabel penghubung, yaitu: IDE/PATA, SCSI, SATA, SATA II.

Pengamanan komputer



Pengamanan komputer

1. Gunakan antivirus yang anda percayai dengan update terbaru.
2. Selalu scanning semua media penyimpanan eksternal yang akan digunakan.
3. Jika anda terhubung langsung ke Internet cobalah untuk
    mengkombinasikan antivirus anda dengan Firewall, Antispamming,dsb.
4. Selalu waspada terhadap fle-file yang mencurigakan, contoh :
    file dengan 2 buah exstension atau file executable yang terlihat mencurigakan.
5. Untuk software freeware + shareware, ada baiknya anda mengambilnya
    dari situs resminya.
6. Pisahkan Lokasi data dengan program (sebaiknya antara drive berisi data benar-benar
    terpisah dari program, misalnya jangan  dicampur dengan folder yang
    berisi master program)
7. Pasang program pengembali setting Sistem Operasi otomatis.

Perilaku/sikap supaya aman:


Komputer akan mudah terserang virus atau gangguan keamanan lainnya, jika anda:

• Membuka email berlampiran (email attachment) yang tidak jelas asal usulnya
• Percaya begitu saja semua yang anda baca di email, misal suatu pesan
  yang menjanjikan uang/undian berhadiah jika anda membuka attachment emailnya
• Melakukan download suatu program yang tidak jelas dari sauatu website
  (misalnya free screensaver)
• Melakukan pertukaran file-sile yang tidak jelas, misal melalui peer-to-peer
   programs seperti Kazaa, arez, mirc, dll)
• Memberikan/menyebarkan password anda kepada orang lain Komputer juga
  akan mudah diserang, jika anda tidak
• Menjalankan/menggunakan anti-virus program
• Melakukan udate data anti-virus
• Melakukan update sistem operasi (patch) terutama patch security
• Merubah default passwords (misal password untuk akun administrator)
• Menjalankan setting/program firewall pada komputer anda ataupun dalam jaringan

Virus


Kriteria Virus

1. Kemampuan untuk mendapatkan informasi
2. Kemampuan untuk memeriksa suatu file
3. Kemampuan untuk menggandakan diridan menularkan diri
4. Kemampuan melakukan manipulasi
5. Kemampuan untuk menyembunyikan diri.


Jenis-Jenis Virus

1. Virus Makro (ditulis dengan bahasa program aplikasi,misal Word)
2. Virus Boot Sector (memindahkan atau menggantikanboot sector asli dengan
    program booting virus)
3. Stealth Virus (menguasai tabel interrupt pada DOS,berkemampuan untuk
    mengendalikan instruksi levelDOS dan biasanya tersembunyi)
4. Polymorphic virus (dirancang mengecoh programantivirus dengan cara selalu
    merubah strukturnya setiap kali selesai menginfeksi file)
5. Virus file/program
   (menginfeksi file-file yang dapatdieksekusi langsung dari sistem operasi)
6. Multipartition Virus (Virus ini merupakan gabungan darivirus boot sector dan virus file)


Media Penyebaran

Virus/Worm/Trojan
1. USB Flash Disk, Disket, media storage R/W
2. Jaringan ( LAN, WAN,dsb)
3. WWW (internet)
4. Software yang Freeware, Shareware ataubahkan Bajakan
5. Attachment pada email, transfering file

Keamanan Instalasi Komputer


Jenis Keamanan Instalasi Komputer

-Keamanan Fisik (kebakaran, pencurian, listrik, air, dll)
-Keamanan Data (Hilang, berubah,terganggu)
-Keamanan Sistem (Software/Sistem Informasi, Personil, Jaringan Komputer,Operasional)

Malcode (Malicious Code)
-Sering juga disebut Malware (Malicious Software)
-Definisi: Semua macam program, makroatau script yang dapat dieksekusi dan dibuat
 dengan tujuan  untukmerusak atau menyusupi sistem komputer.
-Jenis : Virus, Worm, Trojan horse, Spyware,Rootkits, dishonest adware, dll

Malware bersifat menginfeksi

 -Virus : Suatu program yang dapat menginfeksi program lain dengan cara mengkopikan bagian dirinya ke dalam program yang diinfeksi. Virus dapat menyebar dengan menggunakan otorisasi dari setiap user yang menggunakan program terinfeksi. Setiap program yang telah terinfeksi dapat berkelakuan sebagai virus.
 ( Fred Cohen )

 -Worm : Suatu Program yang mengkopi dirinya sendiri ke HANYA memory komputer dan menyebarkan diri melalui jaringan komputer. Perbedaan mendasar dari worm dan virus adalah, apakah menginfeksi target code atau tidak. Virus menginfeksi target code, tetapi worm tidak. Worm hanya berada di memory.

Malware Penyusup/tersembunyi

  -Trojan horse : Trojan Horse umumnya diproduksi dengan tujuan jahat. Trojan Horse tidak dapat memproduksi diri sendiri. Pada umumnya merek dibawa oleh utility program lainnya, kemudian
”bersembunyi” di dalam komputer. Lalu pada saat yang ditentukan program ini akan bekerja atau menjalankan program perusaknya.
  -Rootkit : Teknik program malware yang didesain untuk menolak usaha penghapusan atas dirinya.
 -Backdoor : Program yang dirancang untuk melewati autentifikasi pengguna dan menyediakan akses untuk masuk ke dalam sistem komputer orang lain tanpa diketahui.

POINTER DAN STRING

POINTER DAN STRING

//Contoh9_5
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
void misteri1(char *);
void main() {
char string[] = "amikom";
cout<< "String sebelum proses adalah " << string <<"\n" ;
misteri1(string);
cout<<"String setelah proses adalah "<<string;
getch();
}
void misteri1(char *s) {
while ( *s != '\0' ) {
if ( *s >= 'a' && *s <= 'z' )
*s -= 32;
++s;
}
}


 POINTER MENUNJUK SUATU ARRAY

//Contoh9_6
#include "iostream.h"
#include "conio.h"
void main()
{ static int tgl_lahir[] = { 13,9,1982 };
int *ptgl;
ptgl = tgl_lahir; /* ptgl berisi alamat array */
cout<<"Diakses dengan pointer\n";
cout<<"Tanggal = "<< *ptgl<<"\n";
cout<<"Bulan = "<< *(ptgl + 1) <<"\n";
cout<<"Tahun = "<<*(ptgl + 2) <<"\n";
cout<<"\nDiakses dengan array biasa\n";
cout<<"Tanggal = "<< tgl_lahir[0] <<"\n";
cout<<"Bulan = "<< tgl_lahir[1] <<"\n";
cout<<"Tahun = "<< tgl_lahir[2] <<"\n";
getch();
}

MEMBERI NILAI ARRAY DENGAN POINTER

//contoh9_7
#include "iostream.h"
#include "conio.h"
void main()
{ int x[5], *p, k;
clrscr();
p = x;
x[0] = 5;
x[1] = x[0];
x[2] = *p + 2;
x[3] = *(p+1) - 3;
x[4] = *(x + 2);
for(k=0; k<5; k++)
cout<<"x["<<k<<"] = "<< x[k]<<"\n";
getch();
}

OPERASI POINTER


OPERASI POINTER

    -Operasi Penugasan
Suatu variable pointer seperti halnya variable yang lain, juga bisa mengalami operasi
penugasan. Nilai dari suatu variable pointer dapat disalin ke variable pointer yang lain.


//Contoh9_2
#include "iostream.h"
#include "conio.h"
void main()
{ float *x1,y, *x2;
clrscr();
y = 13.45;
x1 = &y;         /* Alamat dari y disalin ke variabel x1 */
x2 = x1;         /* Isi variabel x1 disalin ke variabel x2 */
cout<<"Nilai variabel y =  "<<y<< " ada di alamat "<< x1<<"\n";
cout<<"Nilai variabel y =  "<<y<< " ada di alamat "<< x2<<"\n";
 getch();
}

    -Operasi Aritmatika
Suatu variabel pointer hanya dapat dilakukan operasi aritmatika dengan nilai integer
saja. Operasi yang biasa dilakukan adalah operasi penambahan dan pengurangan.
Operasi penambahan dengan suatu nilai menunjukkan lokasi data berikutnya (index
selanjutnya) dalam memori. Begitu juga operasi pengurangan.

//Contoh9_3
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
void main()
{ int nilai[3], *penunjuk;
clrscr();
nilai[0] = 125;
nilai[1] = 345;
nilai[2] = 750;
penunjuk = &nilai[0];
cout<<"Nilai "<<*penunjuk <<" ada di alamat memori " <<penunjuk<<"\n";
cout<<"Nilai "<<*(penunjuk+1) <<" ada di alamat memori " <<penunjuk+1<<"\n";
cout<<"Nilai "<<*(penunjuk+2) <<" ada di alamat memori " <<penunjuk+2<<"\n";
getch();
}



    -Operasi Logika
Suatu pointer juga dapat dikenai operasi logika.
//Contoh9_4
#include<iostream.h>
#include "conio.h"
void main()
{ int a = 100, b = 200, *pa, *pb;
clrscr();
pa = &a;
pb = &b;
cout<<"nilai pa= "<<pa<< " nilai pb= "<<pb<<"\n";
if(pa < pb)
cout<<"pa menunjuk ke memori lebih rendah dari pb\n";
if(pa == pb)
cout<<"pa menunjuk ke memori yang sama dengan pb\n";
if(pa > pb)
cout<<"pa menunjuk ke memori lebih tinggi dari pb\n";
getch();}

POINTER

1 PENGERTIAN POINTER

Pointer (variabel penunjuk) adalah suatu variabel yang berisi alamat memori dari suatu
variabel lain. Alamat ini merupakan lokasi dari obyek lain (biasanya variabel lain) di dalam
memori. Contoh, jika sebuah variabel berisi alamat dari variabel lain, variabel pertama
dikatakan menunjuk ke variabel kedua
Operator Pointer ada dua, yaitu :

    -Operator &
Operator & bersifat unary (hanya memerlukan satu operand saja).
Operator & menghasilkan alamat dari operandnya.
    -Operator *
Operator * bersifat unary (hanya memerlukan satu operand saja).
Operator * menghasilkan nilai yang berada pada sebuah alamat.

2 DEKLARASI POINTER

Seperti halnya variabel yang lain, variabel pointer juga harus dideklarasikan terlebih dahulu sebelum digunakan.
Bentuk Umum :
Tipe_data *nama_pointer;

//Contoh9_1
int *px;
char *sh;
Contoh Program :
#include “IOSTREAM.h”
#include “conio.h”
void main()
{ int x, y; /* x dan y bertipe int */
int *px; /* px pointer yang menunjuk objek */
clrscr();
x = 87;
px = &x; /* px berisi alamat dari x */
y = *px; /* y berisi nilai yang ditunjuk px */
cout<<“Alamat x =”<<&x <<\n”;
cout<<“Isi px = \n”, px);
cout<<“Isi x = \n”, x);
cout<<“Nilai yang ditunjuk oleh px = \n”, *px);
cout<<“Nilai y = \n”, y);
getch();
}

Program Volume kubus menggunakan C++ :

Berikut ini adalah Program sederhana untuk Volume kubus menggunakan C++ :

Volume kubus

#include <iostream>

main()
{

float s;
float kubus;

cout<<"masukan s"<<endl;
cin>>s;



kubus=s*s*s;

cout <<"volume balok="<<kubus<<endl;


return 0;
}

Program Volume balok menggunakan C++ :

Berikut ini adalah Program sederhana untuk Volume balok menggunakan C++ :

Volume balok

#include <iostream>

main()
{

float p,l,t;
float balok;

cout<<"masukan p"<<endl;
cin>>p;

cout<<"masukan l"<<endl;
cin>>l;

cout<<"masukan t"<<endl;
cin>>t;

balok=p*l*t;

cout <<"volume balok="<<balok<<endl;


return 0;
}

Program Luas persegi menggunakan C++ :

Berikut ini adalah Program sederhana untuk Luas persegi menggunakan C++ :

Luas persegi

#include <iostream>

main()
{

float p,l;
float persegi;

cout<<"masukan p"<<endl;
cin>>p;
cout<<"masukan l"<<endl;
cin>>l;

persegi=p*l;

cout <<"luas bola="<<persegi<<endl;


return 0;
}

Program Luas bola menggunakan C++

Berikut ini adalah Program sederhana untuk Luas bola menggunakan C++

Luas bola

#include <iostream>

main()
{

float r;
float bola;

cout<<"masukan r"<<endl;
cin>>r;

bola=4*3.14*r*r;

cout <<"luas bola="<<bola<<endl;


return 0;
}

Program Volume bola dengan C++

Program sederhana Volume bola dengan C++

Volume bola

#include <iostream>

main()
{

float r;
float volbola;

cout<<"masukan r"<<endl;
cin>>r;

volbola=4/3*3.14*r*r*r;

cout <<"volume  bola="<<volbola<<endl;


return 0;
}

Program Luas Segitiga dengan C++

Berikut ini adalah Program sederhana untuk Luas Segitiga menggunakan C++ :

Luas segitiga

#include <iostream>

main()
{

float a,t;
float luas;

cout<<"masukan a"<<endl;
cin>>a;
cout<<"masukan t"<<endl;
cin>>t;

luas=0.5*a*t;

cout <<"luas segitiga="<<luas<<endl;


return 0;
}