16 April 2012

CSS (Casading Style Sheet)


CSS (Casading Style Sheet)

Style Sheet merupakan feature yang sangat penting dalam membuat dynamic HTML.Meskipun bukan merupakan suatu keharusan dalam membuat web,akan tetapi penggunaan Style Sheet merupakan kelebihan tersendiri. Suatu Style Sheet merupakan tempat dimana anda mengontrol dan memanage Style Sheet yang ada. Style Sheet mendiskripsikan bagaimana tampilan dokument HTML dilayar.Anda juga bisa menyebutnya sebagai template dari dokument HTML yang menggunakanya.
Anda juga bias membuat efek-efek special di web anda dengan menggunakan Style Sheet. Sebagai contoh anda bias membuat Style Sheet yang mendefinisikan style untuk <H1> dengan style bold dan italic dan berwarna biru.Atau pada tag <P>yang akan ditampilkan dengan warna kuning dan menggunakan font verdana dan masih banyak  lagi yang bias anda lakukan dengan Style Sheet.
Secara teoritis anda bisa menggunakan Style Sheet technology dengan HTML.Akan tetapi pada prakteknya hanya cascading Style Sheet(CSS) technology yang support pada hampir semua web browser.Karena CSS telah distandartkan oleh world wide web consontrium (W3C) untuk digunakan di web browser.
Fakta menggunakan CSS :
a.       Telah didukung oleh kebanyakan browser versi baru,tetapi tidak di dukung oleh browser-browser versi lama.
b.      Lebih fleksible dalam penempatan posisi layout CSS, kita mengenal Z-index untuk menempatkan objek dalam posisi yang sama.
c.       Menjaga HTML dalam pnggunaan tag yang minimal ,hal ini berpengaruh terhadap ukuran file dan kecepatan downloading.
d.      Dapat menampilkan konten utama terlebih dahulu,sementara gambar dapat di tampilkan sesudahnya.
e.       Penerjemahan CSS setiap browser berbeda,tata letk akan berubah jika dilihat diberbagai browser.
f.       CSS adalah layout “masa depan” dengan mengabungkan bersama XHTML.


0 komentar:

Post a Comment