21 June 2012

KEPRIBADIAN MUHAMMADIYAH

1.    PENGERTIAN DAN FUNGSI KEPRIBADIAN MUHAMMADIYAH :

Kepribadian Muhammadiyah bukanlah hal (sesuatu) yang baru, Kepribadian Muhammadiyah adalah sesuatu yang menyatu dalam diri Muhammadiyah yang merupakan karakter / watak Muhammadiyah yang menjadi ciri Muhammadiyah. Kepribadian Muhammadiyah adalah rumusan hasil penggalian dari filosofi, pokok-pokok pikiran, prinsip dasar perjuangan, metode perjuangan,  tindakan dan gerak langkah  KHA Dahlan; para murid-muridnya dan aktifis Muhammadiyah pada waktu awal.. Dengan demikian, dalam rumusan itu berbagai hal  yang tidak sesuai dengan gagasan, cita-cita perjuangan Muhammadiyah dan keteladanan KHA Dahlan dan para muridnya telah dibersihkan. Ringkasnya rumusan itu telah dibersihkan dari hal-hal yang tidak sesuai dengan ajaran dan keteladanan Nabi Muhammad SAW’.

2.    FUNGSI KEPRIBADIAN MUHAMMADIYAH:   

Fungsi Kepribadian Muhammadiyah adalah untuk menjadi landasan, pedoman dan pegangan  para pemimpin, aktifis dan anggota Muhammadiyah dalam menjalankan roda organisasi, gerakan dan amal usaha agar tidak terombang-ambing oleh pengaruh luar dan tetap istiqomah kepada cita-cita dan perjuangan Muhammadiyah serta cara memperjuangkan cita-citanya. Artinya tidak terpengaruh oleh paham-paham agama lain, ideologi-ideologi lain, aliran-aliran agama lain, isme-isme, gerakan-gerakan politik, gaya hidup, kebudayaan dan peradaban non muslim serta cara berpikir non muslim (seprti cara berpikir Barat, sekuler, liberal dsb)

3.    KEPRIBADIAN MUHAMMADIYAH ITU MENGANDUNG EMPAT POKOK PIKIRAN :

•    Apakah Muhammadiyah itu?
•    Dasar dan amal usaha Muhammadiyah.
•    Pedoman amal usaha dan perjuang Muhammadiyah.
•    Sifat-sifat Muhammadiyah.

4.    SEJARAH LAHIRNYA KEPRIBADIAN MUHAMMADIYAH

Pemikiran baku tentang “ Kepribadian Muhammadiyah “ merupakan hasil keputusan Muktamar ke 35 (Muktamar setengah Abad) tahun 1962 di jakarta. Konsep awalnya berasal dari ceramah KH Faqih Usman pada masa kepemimpinan PP Muhammadiyah pereode 1959-1962 di bawah Ketua HM Yunus Anis. Ceramah itu berjudul “ Apa sih Muhammadiyah itu?” yang kemudian ditindak lanjudi tim perumus , untuk selanjudnya dibahas di Tanwir pada tanggal 25-28 Agustus 1962 dan akhirnya diputuskan di Muktamar ke 35 itu.

5.    PERUMUS KEPRIBADIAN MUHAMMADIYAH  :

Konsep awal kepribadian Muhammdiyah dilontarkan oleh KH Faqih Usman dalam sebuah kursus pimpinan  yang diselenggarakan oleh PP Muhammadiyah dan diikuti oleh pimpinan Muhammadiyah seluruh Indonesia pada bulan Ramadhan 1381 H di Yogyakarta. Pada waktu itu KH Faqih Usman memberikan kuliahnya dengan judul “ Apakah Muhammadiyah itu?’
Konsep itu kemudian disempurnakan oleh sebuah tim yang anggotanya adalah :
1.    KH Faqih Usman.
2.    Prof. H.Farid Makruf,
3.    H.Djarnawi Hadikusumo,
4.    M. Djindar Tamimy,
5.    Dr. Hamka,
6.    KH R. Muhd Wardan Diponingrat,
7.    M. Saleh Ibrahim

6.    LATARBELAKANG

    Latarbelakang yang mewarnai dilahirkanya Kepribadian Muhammadiyah adalah masuknya pemikiran dan cara-cara politik dalam mengelola dan menggerakan Muhammadiyah setelah Masyumi (Majelis Syuro Muslimin Indonesia) dibubarkan dan orang-orang Muhammadiyah yang berkecimpung di Partai Politik Islam tersebut kembali ke Muhammadiyah.

7.    APAKAH MUHAMMADIYAH ITU?

Muhammadiyah adalah suatu persyarikatan yang merupakan “Gerakan Islam”, Maksud gerakannya ialah “Dakwah Islam Amar Ma’ruf Nahi Munkar” yang ditujukan kepada dua bidang
•    Bidang Perorangan
•    Kepada yang telah Islam bersifat pembaruan (Tajdid) yaitu mengembalikan kepada ajaran Islam yang asli murni.
•    Kepada yang belum Islam, bersifat seruan dan ajakan untuk memeluk Islam.

•    Kepada Masyarakat
•    Dakwah ini bersifat perbaikan bimbingan dan peringatan.
•    Kesemua itu dilaksanakan bersama dengan bermusyawarah atas dasar taqwa dan mengharap keridhaan Allah semata-mata.
•    Dengan melaksanakan dakwah dan amar ma’ruf nahi munkar dengan caranya masing-masing yang sesuai, Muhammadiyah menggerakan menuju tujuannya, ialah terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

0 komentar:

Post a Comment