20 June 2012

Pengertian jaringan computer.


Jaringan computer adalah himpunan”interkoneksi” antara 2 komputer autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless). Bila sebuah computer dapat membuat computer lainnya restart,shutdown,atau melakukan control lainnya,maka computer-komputer tersebut bukan autobomous (tidak melakikan control terhadap computer lainnya dengan akses penuh).
Dua unit computer dikatakan terkoneksi apabila keduannya bias saling bertukar data/informasi,berbagai resource yang dimiliki,seperti file,printer,media penyimpanan(hardisc,flopy disc,cd-rom,flas disk,dll).Data yang berupa teks,audio maupun video bergerak melalui media kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna computer dalam jaringan computer dapat saling bertukar file/data,mencetak pada printeryang sama dan menggunakan hardware/software yang terhubung dalam jaringan secara bersama-sama.
Tiap komputer,printer atau peripheral yang terhubung dalam jaringan disebut dengan mode.sebuah jaringan computer sekurang-kurangnya terdiri dari dua unit computer atau lebih,dapat berjumlah puluhan computer,ribuan,atau bahkan jutaan node yang saling terhubung satu sama lain.

0 komentar:

Post a Comment