21 June 2012


  • Matahari: dalam system tata surya menempati posisi sentral menjadi titik pusat dari semua planet. Matahari memancarkan sinarnya yang berguna bagi manusia dan makhluk hidup. Muhammadiyah menggambarkan jati dirin, gerak dan manfaatnya bagaikan matahari. Muhammadiyah pun akan menjadi penyebab lahiriah berlangsungnya kehidupan spiritual dan ruhaniyah bagi manusia yang mau menerima “pancaran sinar” yang berupa ajaran Islam sebagaimana yang termuat dalam al-Qur’an dan sunnah. Ajaran Islam yang hak lagi sempurna dan seluruhnya berintikandua kalimat syahadat sebagaimana yang tercantum dalam al-Qur’an surat al-Anfaal 24.
  • Dua belas sinar matahari : mengibaratkan tekad dan semangat warga Muhammadiyah dalam memperjuangkan Islam. Sebagaimana tekan dan semangat kaum Hawari, yaitu sahabat Nabi Isa AS yang jumlahnya 12 orang yang tercantum dalam al-Qur’an surat as-Shaf ayat 14.
  • Warna putih melambangkan kesucian dan keihklasan serta Tauhid yang murni bersih dari TBC, sebagaimana tercantum dalam al-Qur’an surat Shaad 73-85, As-Shaffat 138 dan Al-A’raf 11-18.
  • Warna hijau menjadi warna dasar melambangkan kedamaian dan kesejahteraan. Muhammadiyah berjuang ditengah-tengah masyarakat bangsa dalam rangka merealisasikan ajaran Islam yang penuh kedamaian, selamat dan sejahtera bagi umat manusia sebagaimana tercantum dalam al-Qur’an surat al-Anbiya’ 107.

0 komentar:

Post a Comment